Hindari Korban Jiwa Akibat Jebakan Tikus Dengan Aliran Listrik, Kapolsek Jenar Polres Sragen Sarankan Petani Budidaya Tyto Alba

tribratanews-polressragen.id, Polres Sragen- Kapolsek Jenar Polres Sragen Polda Jawa Tengah Iptu Suparjono, S.H imbau petani tidak memasang listrik jebakan tikus di area persawahan. Hal itu disampaikan saat menggelar Patroli dialogis dengan para petani diwilayah Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen, Rabu (4/11/2020).

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut instruksi Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi, S.H, S.I.K, M.Si yang memerintahkan seluruh Kapolsek jajarannya agar turun langsung untuk memberikan himbauan kepada para petani.

“Kami berdialog dengan petani dan memberikan himbauan agar tidak memasang jebakan tikus dengan aliran listrik, karena hingga saat ini telah ada korban meninggal dunia sebanyak 11 orang diwilayah Kabupaten Sragen”, tukas Kapolsek Jenar.

Mbah lopo (65) salah satu petani di desa Kandangsapi kecamatan Jenar menuturkan bahwa dilahan persawahan desa Kandangsapi belum pernah ada jebakan tikus dengan aliran listrik.

“Sepengatahuan saya belum pernah ada jebakan tikus dengan aliran listrik, karena listrik juga belum sampai di persawahan, dan hama tikus tidak terlalu mengganggu petani di desa kami”, tuturnya.

Senada dengan Mbah Lopo, Guntur Mego Purwanto (Kades Mlale Kecamatan Jenar) yang juga ditemui Kapolsek Jenar juga menyampaikan hal yang sama.

“Hama tikus memang ada pak, namun petani didesa kami tidak memasang jebakan dengan aliran listrik”, ujarnya.

Sebelum menutup perbincangannya Iptu Suparjono berpesan agar petani menanggulangi hama tikus dengan cara lain, contohnya dengan budidaya burung hantu (tyto alba) yang telah terbukti efektif memangsa hama tikus dan telah diterapkan dibeberapa wilayah di Indonesia.

“Jika pemasangan listrik jebakan tikus menimbulkan korban jiwa, maka si pemasang dapat dijerat pasal 359 KUHP dengan ancaman penjara 5 tahun atau kurungan paling lama 1 tahun, maka dari itu, alternatif dengan tyto alba mungkin merupakan solusi yang tepat”, tutup Kapolsek ramah tersebut.

Ali Harahap Zld
(Humas Polsek Jenar Polres Sragen)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*