Hadapi Musim Pancaroba, Kapolres Sragen Gelar Apel Peralatan SAR

Polres Sragen – Tribratanews.jateng.polri.go.id I  Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi menggelar apel Gelar Peralatan SAR. Apel yang diikuti oleh seluruh Polsek jajaran Polres Sragen bertempat  di lapangan Mapolres, Jumat (06/11/2020) pagi.

 

Seperti di uraikan dalam amanatnya, AKBP Yuswanto Ardi mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam di kabupaten Sragen.

 

“Kegiatan ini di tujukan untuk mengecek kesiapan personil dan peralatan, karena bencana merupakan kejadian yang tidak di rencakan oleh karenanya mitigasi atau langkah langkah percepatan untuk mengambil tindakan penyelamatan harus ada dalam benak kita, “

 

“Dan tidak menutup kemungkinan, meskipun kita berharap tidak terjadi, karena di tanah Sragen ini tidak memiliki histori tanah longsor karena topografi Sragen relatif datar bukan pegunungan, namun demikian  seperti pertolongan saat banjir yang sifatnya ringan, tentunya ini sudah menjadi hal yang biasa untuk di laksanakan. Oleh karena itu yang saya tekankan adalah kesiap siagaan seluruh anggota. Anggap saja ini merupakan panggilan untuk melaksanakan kegiatan pertolongan, “ tandasnya.

 

Dalam Apel gelar Peralatan SAR tersebut, nampak berjajar sebanyak 24 kendaraan yang berasal dari Polsek jajaran, berikut peralatan SAR, di antaranya ban pelampung untuk evakuasi bilamana terjadi banjir, alat pemotong kayu, perahu karet serta peralatan lengkap menyelam lainnya.

 

AKBP Yuswanto juga memperagakan cara memotong kayu, dengan gergaji mesin, untuk antisipasi bilamana di perlukan dalam evakuasi pohon tumbang, karena situasi akhir akhir ini yang tidak menentu, di sebabkan hujan di sertai angin kencang. Hal tersebut juga di peragakan oleh anggota yang tergabung dalam team tanggap bencana Polres dan Polsek jajaran, saat penggelaran kegiatan berlangsung.

 

(Humas Polres Sragen)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*