Awas!!!Jebakan Tikus Beraliran Listrik Sudah Banyak Memakan Korban, Polsek Tanon Sragen Himbau Petani

Polres Sragen-tribratanewspolressragen.Id, Sragen-Bhabinkamtibmas Polsek Tanon Polres Sragen melaksanakan giat Himbauan Larangan Pemakaian Jebakan Tikus Berlistrik kepada Petani dipersawahan Desa Kecik, Kecamatan Tanon, Sabtu (7/11/2020).

Masih banyak dijumpai warga masyarakat khususnya para petani yang dengan sengaja memasang jebakan tikus beraliran listrik, seperti dipersawahan Desa Kecik, Desa Pengkol dan Desa Suwatu, dimana ketiga Desa tersebut batas wilayahnya adalah persawahan sehingga terlihat luas hamparan persawahan diwilayah tersebut.

Apalagi pada waktu malam hari terlihat banyak lampu yang menghiasi persawahan yang membetang luas, bukan untuk hiasan atau penerangan melainkan itu sebagai tanda bahwa sawah tersebut dialiri arus listrik untuk menjebak tikus.

Hasil panen yang berkurang karena hama tikus yang meraja lela yang menjadi alasan para petani memasang jebakan tikus dengan aliran listrik.

Dengan banyaknya korban manusia akibat tersengat aliran listrik yang dipasang untuk menjabak tikus tersebut tak lantas membuat para petani tersebut jera, bahkan masih berdalil apabila hasil panennya merugi siapa yang akan mengganti,menurut keterangan salah seorang petani dijumpai saat disawah dengan cara itulah petani bisa menikmati hasil panen tanpa gangguan hama tikus.

Akan tetapi Polsek Tanon juga tak tinggal diam dengan apa yang dilakukan oleh Para perani tersebut dengan melakukan pendekatan kepada para petani himbauan yang humanis pun terus dilakukan kepada para petani agar sadar akan bahayanya pemasangan jebakan tikus beraliran listrik.

Seperti halnya dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Kecik Bripka Ngadimin mewakili Kapolsek Tanon Iptu Primadhana Bayu Kuncoro,S.Pd.,M.A.P dengan tidak bosan-bosannya memberikan himbauan kepada para petani bahkan dengan membagikan selebaran larangan Pemakaian Jebakan Tikus beraliran Listrik.

Seperti yang disampaikan Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi,S.H.,S.I.K.,M.Si dimana memerintahkan kepada seluruh Kapolsek Jajaran Polres Sragen bisa memberikan himbauan apabila tidak diindahkan oleh Para Petani untuk melakukan pelepasan jebakan tikus yang menggunakan listrik dengan mengajak Muspika untuk bergabung, Komunikasikan dengan baik sehingga tidak kontraproduktif, apabila dilakukan pelepasan jebakan tikus beraliran lustrik tidak bersifat pemaksaan akan tetapi disertai imbauan agar menimbulkan kesadaran bagi petani yang memasangnya, dan lebih bagus yang membongkar adakah pemiliknya sendiri”.

(Benro Humas Tanon)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*