Tim Gabungan Satgas Tindak Covid Adakan Operasi Masker dan Sosialisasi Perbub No.54 th 2020 Di Wilayah Tanon

tribratanews-polressragen.id, Sragen-Tim Gabungan Tim Tindak Covid-19 Kabupatem Sragen hari ini menggelar Operasi Masker sekaligus Sosialisasi Perbub No.54 th 2020 yang berlokasi di simpang empat Desa Tanon Jalan Gabugan-Sukodono, Kecamatan Tanon, Selasa (01/12/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 25 Personel, gabungan dari Polsek Tanon, Koramil Tanon, Kecamatan Tanon, BPBD, dan Pol PP Kabupaten Sragen yang dipimpin oleh Kabag Ops Pol PP Kabupaten Sragen Bapak Sriyono.

Masih banyak Puluhan warga terjaring dalam kegiatan Operasi Masker tersebut, dikarenakan dalam Operasi ini dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi dan penertiban protokol kesehatan kepada pengguna jalan dan warga masyarakat yang berada di sekitarnya.

Sosialisasi dilaksanakan dengan memberikan pengarahan dan penguatan kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak, akan tetapi pada operasi yang dilakukan saat itu pengarahan kepada para pengguna jalan maupun warga sekitar utamanya untuk tetap menggunakan masker saat berinteraksi dengan orang lain atau keluar rumah.

Selain itu pula, pelaksanaan operasi ini, bagi pelanggar protokol kesehatan atau tidak menggunakan masker, akan dilakukan penindakan berupa sanksi, baik berupa denda, administrasi maupun fisik.

Kaitannya dengan sanksi denda Polri dalam hal ini Polres Sragen tidak mempunyai hak untuk mendenda bagi warga yang melanggar Protokol Kesehatan dimana yang berhak dan dikedepankan adalah SATPOL PP.

“Dalam pelaksanaan Operasi Masker atau sejenisnya, Polres Sragen dalam hal ini Personel Polsek Tanon hanya memberikan penyuluhan, menegur, dan menertibkan, sanksi dari Polres hanya sanksi tertulis agar pelaku malu dan jera, selain itu ada hukuman fisik seperti push up” ujar IPTU Prinadhana Bayu Kuncoro, S.Pd.,M.A.P saat ditemui di Mapolsek Tanon dalam keterangannya mewakili Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi, S.H.,S.I.K.,M.Si.

Selama pelaksanaan Operasi Masker dan Sosialisasi Perbub No.54 th 2020 tersebut sebanyak 66 orang tidak menggunakan Masker, sekitar 20 orang terkena sanksi fisik, 45 orang lainnya hanya mendapatkan teguran, serta 1 orang dikenai sanksi administrasi.

” Dari Laporan Personel yang mengikuti Operasi yustisi kali ini, pelaksanaan berjalan lancar, akan tetapi dalam pelaksanaan Operasi tersebut masih banyak warga yang kurang akan kesadaran pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 terutamanya penggunaan Masker saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang dan juga dijumpai warga menggunakan masker dengan cara yang salah”, tambah Kapolsek.

(Benro Humas Tanon)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*