Singgah Di Pos Ronda Patroli Polsek Kedawung Ajak Masyarakat Wujudkan Kamtibmas Yang Kondusif

tribratanews-polressragen.id Sragen-
Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan ronda atau menjaga lingkungan pada malam hari, Polsek Kedawung Polres Sragen Polda Jawa Tengah melaksanakan kegiatan sambang Pos Kamling, Selasa(15/12/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan swakarsa dan sebagai cara untuk memantau dan memberikan motivasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif mendukung terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kepala Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu Polsek Kedawung Aiptu Joko Santoso, SH bersama anggota Bhabinkamtibmas Bripka Eko Budi Santoso menyempatkan berkunjung ke Poskamling milik warga di Dukuh Batu, Desa Mojokerto Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen dan berdialog langsung dengan warga.

”Dengan adanya kegiatan Sambang Pos Kamling ini, diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam. Kegiatan tersebut juga sebagai sarana silaturahmi sesama warga, sambil menjaga keamanan lingkungannya masing- masing,” katanya.

Dalam kesempatan sambang poskamling  Aiptu Joko Santoso, SH juga mengucapkan terimakasih karena warga disini  aktif dalam  menjaga Kamtibmas dilingkungannya dan agar dipertahankan karena untuk kepentingan bersama Petugas juga menyampaikan pesan kamtibmas antara lain warga agar jaga kerukunan , apabila ada tamu agar dicatat identitasnya, Dirinya juga saling bertukar No. HP dengan warga  untuk memudahkan komunikasi apabila ada sesuatu permasalahan ataupun terjadi suatu tindak pidana bisa dengan cepat ditindaklanjuti.  “ungkap Aiptu Joko.

Di tempat terpisah Kapolsek Kedawung IPTU Sutomo, SE mengatakan Polisi yang sedang patroli itu singgah di pos ronda, bukan semata-mata untuk hanya untuk sambang saja“Kalau ada yang sedang berkumpul di pos ronda atau di rumah warga, kita gabung, dialog dengan mereka,” ungkap Kapolsek.

Dalam kesempatan dialog itulah, kata Kapolsek disampaikan program-program Kepolisian. Kemudian masyarakat pun menyampaikan permasalahan yang terjadi di kawasannya, berkaitan dengan Kamtibmas.

Melalui Patroli sambang dan dialog ini, Kapolsek diharapkan bisa menggairahkan semangat masyarakat di pos ronda. Hal ini sangat penting, karena mereka juga berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas.

“Ini juga menjadi salah satu bentuk upaya Kepolisian membangun kemitraan. Diharapkan dengan adanya peran masyarakat, segala bentuk aksi kejahatan bisa dicegah,” ujarnya.

(Humas Polsek Kedawung Sragen)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*